Rumus-rumus (formula) penting di digital marketing.
CTR (Click Through Rate)
Persentase dari berapa kali dilihat ke berapa kali diklik.
Rumus : (Clicks dibagi impressions) * 100.
Diketahui : sebuah iklan dilihat 10.000 kali, diklik 100 kali.
Ditanya : CTR = ?
Dijawab : (100/10.000) * 100 = (1/100)*100 = 1%
CVR / CR (Conversion Rate)
Persentase dari berapa kali diklik ke berapa kali konversi.
Rumus : (Conversion dibagi clicks) * 100.
Diketahui : Ada 10.000 kunjungan ke website, tapi beli produk cuma 100.
Ditanya : CVR = ?
Dijawab : (100/10.000) * 100 = (1/100)*100 = 1%
CPC (Cost Per Click)
Harga per satu klik iklan.
Rumus : Nilai belanja iklan dibagi clicks
Diketahui : Realisasi budget seminggu beriklan = Rp 1.000.000, dengan clicks 1.000
Ditanya : CPC = ?
Dijawab : 1.000.000 / 1000 = Rp 1000
CPC
Diketahui dari keyword research tools atau historical performance, CPC sebuah keyword harganya Rp 5.000 per klik.
Target klik yang ingin dicapai = 10.000 klik
Budget = CPC x target
Ditanya : Budget = ?
Dijawab : 5.000 x 10.000 = Rp 50.000.000
CPM (Cost Per Mille / 1.000 Impressions)
Harga per 1.000 impressions.
Rumus : (Nilai belanja iklan dibagi impresi) * 1000
Diketahui : Realisasi budget iklan = Rp 1.000.000, dengan 1.000.000 impressions
Ditanya : CPM = ?
Dijawab : (1.000.000/1.000.000) * 1000 = Rp 1.000
Diketahui dari historical performance, CPM harganya Rp 10.000 per 1.000 kali dilihat.
Target yang ingin dicapai = 1.000.000 impressions
Budget = (CPM x target) / 1000
Dijawab : (10.000x1.000.000)/1000 = Rp 10.000.000
Engagement rate : Persentase engagement dari satu post dibanding followers kita.
Rumus : (Like + Comment + Share + Save) atau (replies + retweet + likes) dibagi followers di hari itu.
Khusus untuk engagement rate, ada yang nggak dibagi sama followers tapi dibagi sama reach. Bisa juga, tapi disarankan dibagi sama followers biar bisa kita compare sama akun tetangga (kompetitor).
Kalau mau dihitung sebulan, tinggal dirata-rata dari semua post.
Followers Growth : Persentase pertumbuhan followers dalam satu periode.
Rumus : ((Followers akhir periode - awal periode) dibagi awal periode) x 100
Diketahui :
1 Sep = 10.000
30 Sep = 12.000
Dijawab :
= ((12.000 - 10.000) / 10.000) x 100
= (2.000 / 10.000) x 100
= 20 %
Bounce Rate : persentase kunjungan ke website yang cuma buka 1 halaman itu aja dibanding total kunjungan.
Diketahui :
Ada total 10.000 kunjungan.
5.000 kunjungan cuma di halaman depan aja, nggak lanjut ke halaman lain.
Dijawab :
= (5.000 / 10.000) x 100
= 0.5 x 100
= 50%
Di Google Analytics :
Users = pengunjung
Sessions = kunjungan.
Number of sessions per user : sessions dibagi users.
Satu orang berkunjung berapa kali. Lebih sering, lebih baik.
Diketahui :
Users = 10.000
Sessions = 30.000
Dijawab :
300 / 100 = 3 kunjungan / user
Ada lagi namanya pages per sessions.
Satu kali kunjungan, berapa halaman yang dibuka.
Pageviews = total berapa halaman yang dibuka
Pages per sessions : pageviews dibagi sessions.
Diketahui :
Pageviews = 60.000
Sessions = 30.000
Dijawab :
60.000 / 30.000 = 2 halaman / kunjungan

